Seputar Google Drive

Bahasan kali ini Google Drive kali ya hehhe. Walaupun uda banyak yang tau, tapi pasti aja cuma tau-tau aja, tapi temen gue ternyata banyak juga yang belom tau hahha yauda share disini lah ya hehhe. Layanan penyimpanan berbasis cloud computing ini adalah layanan freemium yang akan menggantikan Google Docs. Layanan ini memungkinkan lu untuk menyimpan file dan mengaksesnya dari komputer, telepon, atau tablet, di mana-pun lu berada.

 

Untuk memulai Google Drive, kita ngelancong ke drive.google.com kemudian aktifkan layanan. Setelah lu punya akses ke Drive, nah barti lu siap untuk mulai menggunakan layanan ini.

 

Lu akan melihat bahwa Google Drive sekilas terlihat dan bekerja sangat mirip Google Docs. Bisa membuat file, membuat koleksi folder, menggunakan bar bagian atas untuk mencari, dan meng-upload file dengan menyeret dan menjatuhkan ke dalam jendela browser, ye ga ??

Tapi, ga kaya Docs, disini lu dapat mengelola seluruh drive dari desktop dengan menginstal aplikasi Google Drive. Caranya gampang, setelah lu masuk drive.google.com, lihat sidebar bagian kiri dan pilih Download Google Drive. Setelah lu download, perangkat lu akan memiliki folder Google Drive, sehingga setiap perubahan yang lu buat akan tercermin dalam interface Web, dan sebaliknya.

 

Selama lu terkoneksi dengan Internet, ketika lu menambahkan file ke folder Google Drive , file lu akan langsung otomastis ter-upload ke drive Web lu. Gampang pan ?? hahha.
Selain itu ada beberapa fitur Google Drive yang lu harus tau, fitur-fitur itu antara lain:

 

1. Dokumen bebas

Google memang memberikan lu ruang penyimpanan 5 GB gratis, tapi hebatnya setiap dokumen yang lu buat dalam Drive terhitung gratis.

 

2. Upload hingga 30 jenis file

Google Drive mendukung penyimpanan dan tampilan 30 jenis file populer. Jadi, lu bisa meng-upload sebuah film ke Drive dan memainkannya kembali dalam browser lu, di mana pun lu berada.

 

3. Berbagi file, folder, atau seluruh drive

Fitur ini adalah fitur berbagi sederhana yang dimiliki Google. Hanya dengan klik kanan pada sebuah file, pilih “share…” dan tentukan opsi dari share itu. Untuk memberikan akses ke seseorang untuk seluruh drive lu, klik tombol dengan orang dan tanda plus di bagian atas.

 

4. Memanfaatkan Google Goggles

Dengan teknologi Goggle yang dibangun dalam Drive, lu bisa nyari foto menggunakan bar pencarian. Demikian juga, lu bisa nyari teks dalam dokumen yang dipindai. Setelah beberapa pengujian, fitur ini tidak benar-benar dapat diandalkan, tapi layak dicoba jika lu memerlukan bantuan menemukan file atau foto.

 

5. Berkolaborasi pada video, foto, dan banyak lagi

Fitur kolaborasi dari Google Docs sekarang tersedia untuk semua jenis file. Misalnya, lu meng-upload video ke Drive dan berbagi dengan orang lain, nah lu bisa dah tu ngebahas video lewat tools komentar.

 

6. Instal aplikasi pihak ketiga

Pengembang pihak ketiga telah membuat aplikasi yang bekerja secara lancar dengan Google Drive. Pixlr salah satunya yang memungkinkan lu ngedit foto yang diunggah, HelloFax memungkinkan lu mengirim faks bebas, dan DocuSign memungkinkan lu menandatangani dokumen resmi, semua bisa diinstal dalam Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lebih banyak lagi, pergi ke Google Drive> Setting> Manage apps> Get more Apps.

 

 

 

 

 

Sedot dari sini hehhe.

Advertisements

Tanya Apa?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s